Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Lengkap

Gian Marco kali ini akan membahas tentang Rumus Segitiga Matematika, dan Bangun Datar Segitiga ini merupakan nama suatu bentuk bangun datar yang dibuat dari tiga buah sisi berupa garis lurus dan tiga sudut. Menurut matematikawan Euclid menemukan jika jumlah sudut disuatu segitiga pada bidang datar adalah sebesar 180 derajat.

Rumus Bangun Datar Segitiga biasanya sudah diajarkan kepada siswa – siswi sejak pendidikan Sekolah Dasar, maupun ke tingkatan lebih lanjut, baik itu jenjang pendidikan SMP dan SMA banyak juga materi maupun soal – soal yang membahas mengenai Rumus Matematika Bangun Datar Segitiga. Dibawah ini kami mencoba untuk menjelaskan mengenai Jenis – Jenis Segitiga dan Rumus Matematika Segitiga secara lebih detail dan mendalam dari yg lain

Sebelum kita bahas tentang Rumus – Rumus Segitiga alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang klasifikasi atau Jenis – Jenis Segitiga yang ada. Karena jenis segitiga sendiri dibedakan menjadi dua yaitu Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya dan Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudutnya. Untuk itu disini kita akan mencoba  menjelskan satu persatu mengenai Jenis – Jenis Segitiga sebagai berikut :

Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya

1. Segitiga Sama Sisi ( equilateral triangle )

Bangun Datar Segitiga Sama Sisi merupakan segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sehingga semua sudutnya sama besar yaitu 60°.

2. Segitiga Sama Kaki ( isoceles triangle)

Bangun Datar Segitiga Sama kaki merupakan segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini mempunyai dua sudut yang sama besar.

3. Segitiga Sembarang ( scalene triangle)

Bangun Datar Segitiga Semabrang merupakan segitiga yang semua sisinya berbeda panjangnya. Besar semua sudutnya berbeda.

Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya

Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudutnya

1. Segitiga Siku Siku ( right triangle)

Bangun Datar Segitiga Siku Siku merupakan segitiga yang salah satu besar sudutnya sama dengan 90°. Sisi didepan sudut 90° disebut Sisi Miring ( hipotenusa).

2. Segitiga Tumpul ( obtuse trisngle)

Bangun Datar Segitiga Tumpul merupakan segitiga yang besar salah satu sudutnya > 90°.

3. Segitiga Lancip ( acute triangle)

Bangun Datar Segitiga merupakan segitiga yang semua sudutnya < 90°.

Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudutnya

Rumus Segitiga Menghitung Luas dan Keliling

Setelah membahas mengenai Jenis – Jenis Segitiga seperti diatas, maka untuk selanjutnya adalah pembahasan mengenai Rumus Menghitung Segitiga baik Luas dan Keliling Segitiga. Disini akan dibahas mengenai Rumus Menghitung Luas Segitiga dan Rumus Menghitung Keliling Segitiga secara lebih detail.

Rumus Segitiga

1. Rumus Luas Segitiga

Rumus Mencari Luas Segitiga sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami karena rumus segitiga sangat simpel yaitu menggunakan rumus :

L =½ x a x t

Keterangan :

L = Luas

a = alas

t = tinggi

2. Rumus Keliling Segitiga

Sedangkan Rumus Mencari Keliling Segitiga sendiri jauh lebih mudah yaitu dengan rumus :

Rumus Keliling Segitiga

Keterangan :

K = Keliling Segitiga

Sisi A, B dan C = Sisi Sisi Bangun Datar Segitiga

Contoh Soal Luas dan Keliling Segitiga

Ada sebuah gambar segitiga yang mempunyai sisi A = 6 m, sisi B = 7 m, sisi C = 8 m dan tingginya 5 m, maka berapa Luas Segitiga dan Keliling Segitiga tersebut?

Jawab :

Diketahui :

Alas ( a ) = 6 m

Tinggi ( t ) = 5 m

Ditanyakan : Luas dan Keliling?

Jawaban Mencari Luas Segitiga

Luas = ½ x a x t

L = ½ x 6 x 5

L = ½ x 30

L = 15 m²

Jadi Luas Segitiga tersebut adalah 15 m²

Jawaban Mencari Keliling Segitiga

Contoh Soal Mencari Keliling Segitiga

Jadi Keliling Segitiga tersebut adalah 21 m

Demikian pembahasan kami mengenai Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga, adapun Rumus Turunan Segitiga lainnya akan kita bahas disitus gian marco pada artikel berikutnya. Adapun jika kalian ingin pembahasan Rumus Matematika Bangun Datar yang lain seperti Rumus Persegi Panjang dan Rumus Belah Ketupat bisa kalian langsung cek sendiri di link tersebut.

Semoga pembahasan diatas dapat membantu anda dalam mempelajari mengenai Rumus Bangun Datar khususnya Rumus Bangun Datar Segitiga, dan semoga saja bagi kalian Para Pembaca khususnya Siswa Siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa lebih memahami tentang Luas dan Keliling Segitiga Bangun Datar Matematika ini.

Tags: