Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat Beserta Contohnya

Kalian sedang mecari materi tentang Rumus Belah Ketupat? Mari kita mengulas kembali pelajaran matematika dasar tentang Bangun Datar Belah Ketupat sebagai salah satu contoh Bangun Datar yang sering keluar di dalam soal-soal Ujian baik Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional baik tingkat Sekolah Dasar ( SD ) maupun Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

Sebelum kita masuk ke Rumus Belah Ketupat, apakah kalian masih ingat apa yang dimaksud dengan Belah Ketupat itu sendiri? Jika kalian lupa, maka tenang saja disini penulis Gian Marco akan memberi tahu kalian tentang Pengertian Belah Ketupat didalam Mata Pelajaran Matematika dg cukup detail.

Adapun didalam Pengertian Bangun Datar Belah Ketupat Matematika ini ialah salah satu bangun datar 2 dimensi yg dibentuk oleh 4 buah rusuk yang sama panjang, dan memiliki 2 pasang sudut berhadapan sama besar dg sudut yg dihadapnya.

Bagi kalian yang belum tahu bentuk Belah Ketupat, kalian bisa membayangkannya seperti makanan Ketupat yang dibungkus menggunakan daun kelapa ( janur ) , atau jika itu cukup sulit maka kalian bisa melihat gambar dibawah ini :

rumus belah ketupat matematika

A. Rumus Belah Ketupat Matematika

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dan contoh gambar Belah Ketupat, maka inilah saatnya bagi kalian para pembaca untuk mengetahui Rumus Bangun Datar Belah Ketupat secara lebih dalam, karena Rumus Belah Ketupat Matematika sendiri memiliki 2 rumus dasar yakni Rumus Mencari Luas Belah Ketupat dan Rumus Mencari Keliling Belah Ketupat.

1. Rumus Luas Belah Ketupat

Didalam Cara Mencari Luas Belah Ketupat ini sangatlah mudah, dan bisa kalian lihat rumusnya dibawah ini :

Luas belah ketupat = ½ x d1 x d2

2. Rumus Keliling Belah Ketupat

Lalu untuk Cara Mencari Keliling Belah Ketupat juga sangatlah mudah, dan bisa kalian lihat juga rumusnya dibawah ini :

Keliling = 4 x sisi

B. Contoh Soal Belah Ketupat Lengkap

Kemudian untuk melatih dan mengasah kalian agar selalu ingat tentang Rumus Belah Ketupat ini, penulis Gian Marco akan memberikan contoh soal dan jawaban tentang Mencari Rumus Bangun Belah Ketupat, seperti contoh dibawah ini :

Tentukanlah Luas dan Keliling dari Bangun Belah Ketupat dibawah ini !

Jawaban :

Diketahui : d1 = 12 cm , d2 = 16 cm , s = 10 cm

1. Luas = ½ x d1 x d2

Luas = ½ x 12 cm x 16 cm

Luas = 96 cm2

Jadi, luas belah ketupat diatas adalah 96 cm2

2. Keliling = 4 x S

Keliling = 4 x 10 cm

Keliling = 40 cm

Jadi, keliling belah ketupat tersebut adalah 40 cm

C. Sifat Sifat Bangun Datar Belah Ketupat

Setelah kalian cukup mengetahui tentang Rumus Belah Ketupat Luas dan Kelilingnya, maka sebagai tambahan info, tidaklah lengkap jika kalian belum mengetahui Sifat-sifat Belah Ketupat ini, karena Belah ketupat mempunyai beberapa sifat diantaranya antara lain :

1. Suatu belah ketupat mempunyai empat sisi yang semua sisinya sama panjang

2. Keuda diagonal pada suatu belah ketupat merupakan sumbu simetri

3. Kedua diagonal di suatu bangun datar belah ketupat saling membagi 2 sama panjang serta saling berpotongan tegak lurus

4. Suatu belah ketupat memiliki sudut-sudut yang berhadapan sama besar dan jika dibagi dua sama besar oleh diagonal-diagonalnya

5. Suatu belah ketupat mempunyai empat simetri putar

6. Suatu belah ketupat mempunyai empat simetri lipat.

Seperti itu saja pembahasan tentang Rumus Belah Ketupat secara lebih detail, dan semoga saja pembahasan Gian Marco ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca dan Para Pelajar, karena sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar saja masih ada beberapa Pelajar dan Pembaca yang belum cukup memahami tentang Rumus Luas Belah Ketupat dan Rumus Keliling Belah Ketupat ini.

Incoming search terms:

  • belah ketupat
  • contoh soal belah ketupat
  • Luas belah ketupat
  • bangun datar belah ketupat rumus
  • Mencari FO belah ketupat kelas 5 sd
  • contph soal mencari luas belah ketupat
  • contoh soal belah ketupat sd
  • contoh soal belah ketupat kelas 5 sd
  • conto soal belah ketupat beserta gambar
  • rumus luas belah ketupat