Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi

Apa yang disebut dengan Bacaan Hukum Idzhar Syafawi ?. Pertanyaan – pertanyaan tersebut, sudah tentu banyak yang ditanyakan oleh sebagian Masyarakat Muslim yang ada di Indonesia, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Hukum Idzhar Syafawi merupakan salah satu Bacaan Tajwid yang sering keluar di Ayat – Ayat Al Qur’an.

Sama halnya dengan Bacaan Tajwid Ikhfa, Iqlab, Idzhar Halqi dan Bacaan Tajwid Al Qur’an lainnya. Oleh karena itu sudah sangat bijak dan tepat sekali bagi kalian Umat Muslim untuk mulai mengenal dan mempelajari Bacaan Idzhar Syafawi ini, tujuannya tak lain agar kalian sebagai Umat Muslim bisa membaca Kitab Suci Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan Tajwidnya.

Karena Al Qur’an sebagai Kitab Suci Umat Islam, yang mempunyai banyak sekali keistimewaan dan keutamaan bagi setiap Muslim yang membacanya. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda yang berbunyi : ” Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya Al Qur’an akan datang di Hari Kiamat sebagai pemberi Syafaat kepada orang yg membacanya (HR. Muslim) ”.

Langsung saja, dibawah ini telah Penulis berikan penjelasan secara lebih lengkap tentang Cara Membaca Bacaan Idzhar Syafawi dan Pengertian beserta beberapa contoh bacaan idzhar syafawi didalam al qur’an kepada kalian para pembaca muslim dan muslimah, semoga berguna dan bisa memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kalian semuanya.

cara membaca hukum idzhar syafawi

1. Pengertian Hukum Idzhar Syafawi

Adapun didalam Pengertian Bacaan Idzhar Syafawi ini adalah salah satu bacaan tajwid Al Qur’an, apabila Huruf Hijaiyah Mim Sukun atau Mim Mati ( مْ ) bertemu dengan salah satu dari 26 huruf – huruf hijaiyah selain huruf hijaiyah Mim dan huruf hijaiyah Ba maka harus dibacakan dengan Terang dan Jelas di Bibir dg Mulut Tertutup, dan harus lebih diperjelas lagi jika Huruf Mim Mati (Mim Sukun) bertemu dengan huruf Wawu dan FA.

2. Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi

Sedangkan untuk Cara Membaca Idzhar Syafawi ini sekali lagi harus dibacakan secara Jelas dan Terang dengan Mulut Tertutup jika Huruf Hijaiyah Mim Sukun atau Mim Mati ( مْ ) bertemu dengan salah satu dari 26 huruf – huruf hijaiyah selain huruf hijaiyah Mim dan huruf hijaiyah Ba, dan harus lebih diperjelas lagi jika Huruf Mim Mati (Mim Sukun) bertemu dengan huruf Wawu dan FA

Hukum Idzhar Syafawi yang harus dibacakan secara Jelas dan Terang ini berlaku didalam Ayat Al Qur’an yang satu kata (kalimat) maupun di Luar Kata (kalimat) yg terpisah. Dan dibawah ini telah kami berikan Contoh Huruf – Huruf Hijaiyah yang harus dibacakan secara Idzhar Syafawi (Terang dan Jelas) jika bertemu dengan Huruf Min Mati (Mim Sukun).

huruf bacaan idzhar syafawi

3. Contoh Hukum Idzhar Syafawi

Setelah kalian cukup memahami tentang Pengertian dan Cara Membaca Bacaan Idhzar Syafawi, maka dibawah ini bisa kalian melihat beberapa Contoh Bacaan Idzhar Syafawi secara sederhana dan beberapa Contoh Bacaan Idzhar Syafawi didalam Ayat Suci Al Qur’an.

Contoh Hukum Idzhar Syafawi Sederhana

contoh hukum idzhar syafawi

Contoh Bacaan Idzhar Syafawi di Al Qur’an

Dibawah ini beberapa contoh hukum idzhar syafawi yang ada didalam Al Qur’an, dan semoga saja bisa memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.

contoh bacaan idzhar syafawi didalam al qur'an

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi ini. Semoga saja Materi Islam yang telah dijelaskan didalam artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua para pembaca muslim dan muslimah, karena sekali lagi penulis berkeyakinan bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu mengetahui dan memahami tentang salah satu Ilmu Tajwid Idzhar Syafawi ini.

Incoming search terms:

  • contoh bacaan idzhar dalam al-quran